Mengenal Decimal Dewey Clasification (DDC)

Oleh: Mela Rosita 

Bagi kalian para mahasiswa Ilmu Perpustakaan atau kalian para pustakawan atau orang-orang yang bergelut dalam bidang perpustakaan, pastinya tidak asing dengan Decimal Dewey Clasification (DDC). Klasifikasi Desimal Dewey (Decimal Dewey Clasification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (1851-1931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam 23 kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2011. DDC ini diterbitkan oleh OCLC Perpustakaan Pusat Komputer Online, Inc OCLC memiliki semua hak cipta dalam Klasifikasi Desimal Dewey, dan lisensi sistem untuk berbagai penggunaan.

DDC adalah sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Perpustakaan di lebih dari 135 negara menggunakan DDC untuk mengatur dan menyediakan akses ke koleksi mereka, dan nomor DDC yang ditampilkan dalam bibliografi nasional lebih dari 60 negara. DDC juga telah diterjemahkan ke dalam lebih dari tiga puluh bahasa.

DDC mencakup keseluruhan ilmu pengetahuan yang dibuat dalam susunan yang sistematis dan teratur. Pembagian ilmu pengetahuan dimulai dari koleksi utama yang maasing-masing dirinci lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, yakni menjadi suatu urutan yang logis dan biasanya dimulai dari yang bersifat umum ke yang bersifat khusus. Sehingga, DDC terdiri dari kelas utama, devisi, seleksi, dan subseleksi yang dirinci lagi secara lebih detail.

DDC terdiri dari 10 kelas utama, 100 devisi, dan 1000 seksi. Berikut adalah sepuluh kelas utama dari DDC:

000   Karya umum\

100   Filsafat

200   Agama

300   Ilmu sosial

400   Bahasa

500   Ilmu pengetahuan murni

600   Ilmu pengetahuan terapan/teknologi

700   Seni, olah raga

800   Kesusastraan

900   Sejarah, geografi

Namun dalam perkembangannya, sistem ini mengalami perluasan melihat banyaknya perpustakaan Islam terutama di negara-negara yang mayoritas Islam seperti Indonesia, maka dilakukan perluasan kelas pada kelas agama Islam yang menempati seksi (297) terlalu kecil. Berikut adaptasi dan perluasan DDC seksi Islam:

2X0  Islam (Umum)

2X1  Al-Qur’an dan Ilmu yang terkait

2X2  Hadis dan Ilmu yang terkait

2X3  Aqaid dan Ilmu kalam

2X4  Fiqih

2X5  Akhlak dan Tasawuf

2X6  Sosial dan Budaya

2X7  Filsafat dan Perkembangan

2X8  Aliran dan Sekte

2X9  Sejarah Islam dan Biografi


Sumber:

https://www.pdfbooksworld.com/Dewey-Decimal-Classification-by-Melvil-dewey.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Klasifikasi_Desimal_Dewey.

https://donyprisma-wordpress-com.cdn.ammproject.org/klasifikasi-dewey-decimal-classification-ddc/amp

Diakses pada Senin, 08 Juni 2020 pukul 12.00 WIB


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Decimal Dewey Clasification (DDC)"

Posting Komentar