Kuliah Untuk Apa?

Oleh: Mela Rosita

Kata kuliah mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagi sebagian orang mengenyam bangku perkuliahan adalah suatu hal yang luar biasa dan perlu disyukuri, sebab tidak semua orang bisa seberuntung kita yang bisa berkuliah. Namun, sadarkah kalian tujuan kita kuliah sebenarnya itu untuk apa? Untuk mencari ilmu? Untuk mendapat ijazah? Ikut-ikutan teman atau hanya untuk popularitas semata? Terlepas dari niat dan tujuan kita kuliah itu hak masing-masing. Jika hanya ilmu yang kita cari, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot untuk kuliah yang tentunya memerlukan banyak biaya, karena ilmu bisa kita temukan dimana-mana tidak harus dengan kuliah.

Pada hakikatnya ada tujuan yang harus dicapai seorang sarjana, yaitu Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Bukan hanya sekedar bagaimana cara mendapatkan nilai yang baik. Nilai bukan patokan maupun tolak ukur kesuksesan seseorang. Nilai yang baik tidak menjamin bahwa orang tersebut baik. Di jaman sekarang ini, jalan apa pun bisa ditempuh demi mendapat nilai yang baik, bahkan melalui jalan yang salah pun akan dilakukan.

Bukan ada maksud menjelek-jelekkan mahasiswa, namun itu fakta yang ada di lapangan. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa perlu memahami betul hakikat dan tujuan kita sebagai mahasiwa itu apa. Jangan hanya sekedar mengejar nilai dan ijazah lalu mengabaikan tujuan sebenarnya yang hendak dicapai. Ingat, Tridharma Perguruan Tinggi tidak hanya Pendidikan saja yang perlu dicapai, namun ada Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang juga perlu dicapai.

Kuliah adalah suatu proses menuju pendewasaan. Memang tidak bisa menjamin pendewasaan itu disebabkan proses pendidikan. Namun, tidak dipungkiri bahwa proses pendidikan sedikit atau banyak membawa lingkungan baru, wawasan baru, cara berpikir yang lebih maju yang membantu dan mempengaruhi proses pendaawasaan itu sendiri.

Kita tidak pernah tahu kita akan jadi apa atau seperti apa nantinya. Namun satu hal yang perlu kita ingat bahwa setiap manusia diwajibkakn untuk belajar dan menuntut ilmu. Belajar tidak sekedar yang nampak bagus dan jelas saja, namun bisa dari hal yang tidak kita sukai sekalipun. Semua mengandung manfaat dalam upaya pendewasaan diri kita.

 

Sumber:

https://amp.kompas.com./adukasi/read/2016/08/24/tak.ada.biaya.kuliah.berburu.beasiswa.pemerintah.saja

https://www.andiazhar.com/2017/12/kuliah-untuk-apa.html?m=1

https://kompasiana.com/amp/adrianjati/untuk-apa-kuliah

Diakses pada Senin, 08 Juni 2020 pukul 10.00 WIB


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliah Untuk Apa?"

Posting Komentar