Univ Al-Azhar Yang Berawal Dari Kampus Syi’ah

Universitas Al-Azhar didirikan pada tahun 970-972 Masehi dibawah kekuasaan Dinasti Syiah Fatimiyah. Sedikit pembahasan sejarah tentang Dinasti Fatimiyah, pada 909 Masehi kelompok Syiah Ismailiyah pecah menjadi dua. Hasan Qarmath mendirikan Kelompok Qamarithah di Bahrain sedangkan bekas temannya yang bernama Ubaidillah mendirikan Dinasti Syiah Fatimiyah di Mesir. Ia mengklaim dirinya sebagai keturunan Ali bin Abi Thalib dan istrinya, Fatimah Az-Zahra. Hal ini mengarah pada didirikannya Dinasti Fatimiyah olehnya.


(https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.contractorkubahmasjid.com%2Fsejarah-masjid-al-azhar-kairo-dan-universitas-al-azhar%2F&psig=AOvVaw1FuTk8knPb54GPeZD6tv-i&ust=1592912635302000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCLDS96OsleoCFQAAAAAdAAAAABAD)


Pada 969 Masehi, Dinasti Fatimiyah mengirimkan 100 ribu pasukan ke Mesir untuk melawan Dinasti Turki Ikhsidiyyah yang beraliran Sunni dan berakidah Asyariyah. Pasukan Syiah Fatimiyah berhasil mengalahkan orang-orang Turki itu dengan mudah. Kemenangan Fatimiyah atas wilayah Mesir menyebabkan didirikannya ibukota Al-Qahira (Kairo) di dekat ibukota Mesir lama, Fustat, yang didirikan oleh kawan dekat Muawiyah bin Abi Sufyan yaitu Amr bin Ash.

Pada 970 Masehi, Dinasti Fatimiyah mendirikan Universitas Al-Azhar untuk menyebarkan keyakinan Syi'ah Ismailiyah di kalangan pemeluk Sunni Mesir. Mayoritas masyarakat Mesir yang beraliran Sunni melakukan pemberontakan kecil, tetapi situasi ini dapat dikendalikan dengan mudah.

Kekuasaan Fatimiyah lambat laun menurun, mulai dari kekalahan dalam Perang Salib dan puncaknya ketika Wazir Ketiga Shawar dihukum mati oleh Nuruddin Zengi yang menandakan kejatuhan Dinasti Fatimiyah dan digantikan oleh Saladin atau Salahuddin Al-Ayyubi pada 1169 Masehi.

Saladin mendalami ilmu agama dengan beberapa ulama terbesar zaman itu. Ia adalah seorang Sunni yang teguh, mengikuti Mazhab Syafi'i. Di tangannya Universitas Al-Azhar yang sebelumnya dijadikan alat untuk penyebaran keyakinan Syi'ah Ismailiyah diubah menjadi Universitas beraliran sunni hingga sekarang.

 

REFERENSI      

https://www.facebook.com/2308109362808475/posts/2604122526540489/?app=fbl

https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Azhar_University

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Univ Al-Azhar Yang Berawal Dari Kampus Syi’ah"

Posting Komentar