Selamat Hari Laut Sedunia

Oleh: Zahra Arifia Shaumi
https://www.reviewsteknologiku.tech/2020/06/hari-laut-sedunia-world-ocean-day-2020.html


Hari ini tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia (World Oceans Day). Hari Laut Sedunia diperingati oleh seluruh negara yang ada di bumi ini, termasuk Indonesia. Rasanya kurang dong kalo kita ngga ikut merayakan Hari Laut Sedunia ini, karena Indonesia ini kan merupakan negara maritim yang memiliki luas wilayah laut 96.079,15 km2 .

Hari Laut Sedunia pertama kali diajukan yaitu pada 8 Juni 1992 oleh Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil. Kemudian disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

Hari Laut Sedunia ini merupakan bentuk perayaan yang didedikasikan untuk menghargai hasil laut yang sangat kaya. Selain itu juga untuk menghargai laut sebagai jalur pelayaran perdagangan internasional.

Adapun tujuan adanya peringatan Hari Laut Sedunia yaitu: untuk meningkatkan peranan laut dalam kehidupan sehari-hari, untuk menginformasikan pada publik dampak dari tindakan manusia di laut, untuk mengembangkan gerakan dunia dari warga untuk laut, untuk memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia pada suatu proyek manajemen berkelanjutan dari lautan dunia, untuk merayakan bersama pesona keindahan laut. 

Lalu kenapa sih kita perlu menjaga ekosistem laut bagi keberlangsungan hidup manusia?

1. Laut membantu kita bernapas

Masih banyak yang belum tau nih kalo ternyata laut menyumbang 50% udara yang kita hirup yang berasal dari fitoplangton, organisme yang hidup di laut. Selain itu fitoplangton mengonsumsi karbon dioksida, dan memindahkan 10 gigaton karbon ke dalam lautan setiap tahunnya.

2. Laut meregulasi iklim

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat, 90% penghangatan bumi selama 50 tahun terakhir terjadi di lautan. Suhu paling hangat terjadi sekitar garis khatulistiwa, khususnya di permukaan. Arus lalu lintas menyebabkan suhu panas ini ke seluruh dunia, dan proses penguapan membuat air laut hangat turun ke bagian yang lebih dalam. Beberapa jenis arus laut berdampak langsung pada iklim di beberapa wilayah. Arus teluk misalnya, bila terganggi bisa membuat bagian barat Eropa lebih dingin dari biasanya.

3. Sumber makanan penting bagi manusia

Saat ini, ikan merupakan sumber dari 16% protein hewani yang dikonsumsi secara global. Selain itu, laut juga menghasilkan sumber makanan lain, seperti rumput laut, udang, dll.

4. Kekayaan biodiversitas yang luar biasa

Lautan menyimpan biodiversitas yang luar bisasa. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS memprediksikan bahwa masih ada 91% spesies di lautan yang belum ditemukan secara ilmiah.

5. Menciptakan lapangan kerja

Tak heran dengan laut yang begitu luasnya menjadi sumber rejeki bagi manusia. Karena untuk mengelola lautan dibutuhkan tenaga yang memadahi agar dapat memasarkan hasil laut ke konsume.



Sumber:

Wibawa, Sheirene Wangsa. 2020. Selamat Hari Laut Sedunia, Ini 5 Alasan Laut Penting bagi Kehidupan. www.kompas.com. Diakses 8 Juni 2020.

Rusyanto, Yayan. 2019. Hari Laut Sedunia, Sejarah, dan Tujuannya. https://siedoo.com. Diakses pada 8 Juni 2020. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat Hari Laut Sedunia "

Posting Komentar