Sejarah Nasi Goreng

Siap yang masih belum kenal dan merasakan Nasi Goreng.yap makanan ini identik dengan bangsa Indonesia bahkan juga terkenal di luar negeri dan banyak orang yang menyukai.tapi apakah kita tau bagaimana asal dan sejarah nasi goreng di Indonesia.

(https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/02/resep-nasi-goreng-seafood-udang-dan-cumi-50e2900cfd308b3ad5b38ca0dee25b01.JPG)


Jika dilihat dari sejarah dan asal usulnya sangat mengejutkan loh ternyata nasi goreng tidak berasal dari Indonesia murni melainkan dibawa oleh kebiasaan kebiasaan perantau Tionghoa.Ide untuk  memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin atau akan menjadi basi dan tidak ingin membuang  buang nasi menjadi sia sia. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk memasak kembali nasi yang sudah dingin.Agar lebih enak, mereka juga memasukkan bumbu-bumbu sewaktu memasaknya.Tidak disangka, ternyata nasi goreng yang dibuat sangat digemari masyarakat Tionghoa.

Nasi goreng telah diperkenalkan dan masuk ke Nusantara oleh pedagang Tionghoa yang menyinggahi kawasan kerajaan Sriwijaya. Mereka mulai menciptakan nasi goreng yang disesuaikan dengan bumbu dan cara menggoreng khas lokal.Sejak dari situlah nasi goreng menjadi populer di Nusantara.

Seiring berjalannya waktu bumbu bumbu yang dipakai pun kian bervariasi seperti seafood,petai ikan asin dll.Varian-variasi nasi goreng juga terus bertambah dengan di akulturasikan culture dan kuliner Nusantara seperti nasi goreng jawa,nasi goreng rendang,nasi goreng ala pasundan dan nasi goreng teri medan dll.dan itu terus berlanjut sampai sekarang orang juga berusaha menambah variasi pada nasi goreng.

oleh:ahmad arya atho'illah

 

REFERENSI

https://bobo.grid.id/read/08677433/asal-usul-nasi-goreng https://www.facebook.com/110196607258211/posts/133944374883434/?app=fbl

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Nasi Goreng"

Posting Komentar