Sudahkah Jujur Pada Diri Sendiri?

Oleh: Zahra Arifia Shaumi


Sumber: www.pinterest.com

Tidak jujur pada diri sendiri merupakan bentuk lain dari menyakiti diri sendiri. Bagaimana kita bisa merasakan bahagia jika diri kita selalu saja tersakiti? Menjadi jujur pada diri sendiri bukanlah hal yang sulit. Menjadi jujur pada diri sendiri adalah bentuk lain dari mencintai diri sendiri. Lalu, sudahkah kita jujur pada diri sendiri? Terkadang kita tidak menyadari, kita menyangkal banyak hal terhadap diri sendiri yang kita tidak sukai. Menuntut, tidak bersyukur, memaksa untuk menjadi orang lain, itulah yang seringkali kita lakukan, yang perlahan kita tidak sadar bahwa itu membunuh mekanisme diri kita yang apa adanya.
Mencintai diri sendiri membuat kita tidak takut untuk mengakui segala kekurangan pada dunia. Mencintai diri sendiri membuat kita mudah untuk mencintai dan dicintai. Bagaimana kita akan mencintai ketika kita saja tak punya cinta? Pun sebaliknya, bagaimana kita akan dicintai jika kita merasa tak layak untuk menerima cinta?

Ada hal-hal yang terkadang perlu kita lakukan untuk bisa jujur terhadap diri sendiri, diantaranya:

1.       Evaluasi terhadap diri sendiri,
Mengevaluasi hal-hal yang telah kita lakukan. Apakah hal itu membuat kita benar-benar nyaman, atau malah hanya demi melihat orang lain bahagia kita melupakan apa yang menjadi keinginan kita.

2.       Mengingat tujuan hidup
Untuk apa sih sebetulnya kita hidup? Terkadadang kita tidak benar-benar memikirkan hal ini sebab kita terlena dengan keadaan atau berusaha menutupi dari lingkungan. Tujuan hidup kita yakni impian-impian apa saja yang ingin kita capai selagi masih diberi kesempatan untuk mewujudkannya. Jadi, tunggu apa lagi

3.       Berani hadapi kenyataan
Menerima bahwa kenyataan kita berbeda dengan orang lain. Maka kita cukup melakukan sesuai kemampuan kita. Gagal bukanlah suatu masalah yang besar. Bahkan akan lebih mudah bagi kita untuk bangkit dari kegagalan ketika kita bisa jujur terhadap diri sendiri.

Jadi, sudahkah selama ini kita jujur terhadap diri sendiri? Sambil menikmati rebahan dan menatap langit-langit kamar, mari bercengkrama dengan diri. Karena dengan jujur pada diri sendiri membuat kita lebih bahagia dan siap melewati hari-hari yang akan datang.


Sumber:
Agustian, Ary Ginanjar. 2017. Sudahkah Anda Jujur Pada Diri Sendiri. Esqtraining.com/sudahkah-anda-jujur-pada-diri-sendiri/. (Diakses: Senin, 27 April 2020 pukul 07.00 WIB).

Anonim. 2017. 4 Tips Untuk Jujur Pada Diri Sendiri. tehsariwangi.com/artikel/4-tips-untuk-jujur-pada-diri-sendiri. (Diakses: Senin, 27 April 2020 pukul 07.00 WIB).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudahkah Jujur Pada Diri Sendiri?"

Posting Komentar