BINGUNG DI RUMAH AJA? YUK BISNIS ONLINE!


Oleh: Mela Rosita

Adanya Pandemi Virus Covid-19 mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja atau Stay at Home. Tentu banyak dari kalian yang merasa bosan. Untuk kalian yang tidak terbiasa diam  di rumah saja pasti merasa jenuh atau bahasa anak muda sekarang “Gabut”. Tetapi ya bagaimana lagi, kita harus mengikuti anjuran pemerintah agar rantai persebaran virus Corona dapat terputus dan keadaan dapat membaik seperti sedia kala. Nah, untuk mengatasi kegabutan, kalian bisa mencoba untuk bisnis online.
Berbicara mengenai bisnis online, sekarang ini adalah hal yang sangat popular. Bahkan saat ini, banyak sekali anak-anak muda seperti saya contohnya, yang saat ini terjun ke hal ini. Karena saya lihat di sosial media seperti di Facebook, WhatsApp, maupun di Instagram banyak sekali yang berjualan macam-macam dari mulai fashion, kosmetik, makanan dan minuman, dan banyak lainnya. Namun kemudahan dalam segala hal di era digital ini pun tak semata-mata mudah, akan ada banyak hal lain yang nanti pasti kita temui. Misalnya saja adalah ketertarikan pelanggan itu sendiri. Jika kita memiliki suatu barang atau jasa yang ingin dijual secara online, walau kelihatan menarik di mata kita, namun kalau orang lain tidak tertarik maka tidak  akan terjadi penjualan.
Karena menurut pengalaman saya sendiri dalam melihat trend bisnis online ini memang semakin tahun pertumbuhannya semakin meningkat.  Tetapi menurut pengamtan saya, sering mendapati banyak yang berhasil, namun sangat banyak sekali yang gagal. Dan setelah saya telusuri lebih dalam lagi, orang yang beberapa kali gagal dalam bisnis online mereka akhirnya berhenti, baik sejenak ataupun berhenti permanen. Sebenarnya mereka yang gagal itu karena mereka tidak tahu akan kunci sukses bisnis online. Mereka hanya melihat orang sukses lalu ingin mempraktikannya. Udah begitu saja. Tanpa mereka belajar terlebih dahulu dan menganalisa dari berbagai sudut pandang.
Hal itulah yang menyebabkan grafik dari pertumbuhan pelaku bisnis online yang meningkat namun yang gagal juga meningkat. Karena orang yang mencoba itu juga terus menerus ada dan orang yang gagal juga terus menerus ada. Hanya beberapa orang saja yang bertahan. Oleh karena itu, untuk memulai sebuah bisnis online harus diawali dengan niat dan tekad yang kuat bukan hanya ingin ikut-ikutan saja.  Karena dengan niat dan tekad yang kuat walaupun kalian gagal pasti akan terus bertahan dan meningkatkan lagi bukan malah menyerah begitu saja. Untuk memulai sebuah bisnis online kita juga harus mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk bisnis itu sendiri dari mulai legalitas, sistemnya, dan sebagainya agar kita nanti tidak menyesal setelah bergabung bisnisnya itu untuk bisnis bukan milik kita. Apabila kalian bisnis secara mandiri juga harus dipersiapkan segala sesuatunya secara matang. Intinya mau bisnis online maupun offline perlu adanya persiapan yang matang.
Memulai bisnis online dapat diibaratkan seperti belajar mengendarai sepeda. Pada awalnya mungkin kalian akan kesulitan, atau bahkan terjatuh. Tapi sebaiknya kalian tidak perlu khawatir dan jangan takut untuk mencoba lagi. Sebab, meraih kesuksesan memang tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Kita hanya perlu untuk mempelajarinya. Beruntungnya kita hidup di era digital seperti saat ini, karena semakin mudah untuk kita mulai belajar bisnis online. Selayaknya belajar mengendarai sepeda, tentu kita memerlukan bantuan terlebih dahulu. Bantuan ini bisa berupa bimbingan dari senior, ataupun panduan dari buku dan artikel di internet. Untuk menemukannya pun tidak lagi sulit berkat kemajuan teknologi.



(Diakses pada hari Kamis. 23 April 2020 pukul 14.00 WIB)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BINGUNG DI RUMAH AJA? YUK BISNIS ONLINE!"

Posting Komentar