Apa sih Bedanya Fast Food dengan Junk Food?

Oleh: Zahra Arifia Shaumi



Sumber: https://hot.liputan6.com/read/4116521/9-penyakit-yang-bisa-timbul-akibat-sering-makan-junk-food


Di era modern ini, teknologi semakin maju termasuk dalam bidang kuliner. Disekitar kita, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan junk food atau fast food. Tidak heran, dengan aktivitas manusia yang semakin beragam sehingga tidak mau direpotkan dengan memasak karena didesak dengan waktu. Bahkan sepertinya, hal ini sudah mengiringi gaya hidup masyarakat modern yang sudah menjadi hal yang sangat wajar. Walaupun dua makanan ini sering dianggap tidak sehat, tapi tetap saja penjualnya selalu dibanjiri oleh para pelanggan.

Namun ternyata masih banyak orang yang belum tau lho bedanya junk food dengan fast food, yuk simak perbedaanya:

  1.          Perbedaan definisi

    Junk food adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi rendah dan gizi yang sedikit. Kemudian junk food juga memiliki kandungan lemak yang tinggi serta tidak baik untuk kesehatan.

    Sedangkan fast food adalah makanan yang dibuat dengan proses yang cepat. Dianggap sebagai makanan yang berkualitas rendah kemudian dikemas dalam sebuah wadah agar mudah dibawa.

    2.       Kandungan Gizi

    Junk food disebut makanan sampah karena kandungan gizi nya rendah, dan sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sementara fast food masih memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh walaupun hanya sedikit. Fast food biasanya kaya akan karbohidrat sebagai tenaga untuk aktivitas sehari-hari

    3.       Cara penyajian

    Junk food biasanya disajikan dalam kemasan yang tertutup dan kedap udara. Junk food biasanya sudah diawetkan terlebih dahulu. Sementara itu fast food disajikan dalam kemasan yang terbuka dan segera untuk dimakaan agar kualitasnya tetap baik.

    4.       Cara pengolahan

    Junk food dikemas dalam keadaan matang sehingga bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan fast food harus dimasak terlebih dahulu sebelum disantap.

    5.       Contoh makanan

    Beberapa contoh junkfood adalah permen, minuman bersoda, keripik, snack, dll. Sementara contoh fast food adalah sushi, kebab, kentang goreng, dll.


Sumber: Utomo, Kurnia Putri. 2019. Fast Food dan Junk Food ternyata Nggak Sama, Ini 5 Perbedaanya. https://brilicious.brilio.net/heits/fast-food-dan-junk-food-ternyata-nggak-sama-ini-5-perbedaannya-190416b.html. Diakses pada 1 Juni 2020 pukul 20.00

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa sih Bedanya Fast Food dengan Junk Food?"

Posting Komentar